March 21

MMP Yellow to Green: Syncrhonize Your Step

MMP Yellow to Green: Menyelaraskan Langkah Anda

Tiga langkah untuk beranjak dari “Yellow Level” sebagai solo-operator yang bekerja sendiri menjadi tim yang berperforma tinggi pada “Green Level”, dimulai dengan “Mendirikan Perusahaan Anda”, di mana Anda beralih fokus dari bisnis yang berpusat pada Anda menjadi tim yang berpusat pada bisnis.

Langkah kedua adalah “Menyempurnakan Ritme Anda”, di mana Anda menetapkan ritme yang memberdayakan tim dan mengelola Anda sebanyak mengelola bisnis.

Sekarang kita akan melihat lebih dalam ke langkah ketiga dan terakhir yaitu “Menyelaraskan Langkah Anda”, yang merupakan seni menyelaraskan tim dan rencana Anda dengan ritme pasar dan industri Anda.

Setiap pengusaha sukses berhasil menjalankan promosi dengan sukses, menciptakan flow secara maksimal untuk diri mereka sendiri, mempelajari pasar, dan memiliki ukuran dan struktur yang memungkinkan untuk disinkronkan dengan pasar. Setiap bisnis, setiap pasar mengalami perubahan siklus – melalui ‘musim’ – dari winter energy yang melambat hingga spring energy yang tumbuh. Masing-masing dari mereka menuntut kepemimpinan dan strategi yang berbeda, dimana dari yang awalnya merupakan formula keberhasilan Anda dapat menjadi formula kegagalan Anda.

Ketika Anda menyelaraskan langkah Anda, Anda perlu fokus pada seluruh market. Perlu diketahui bahwa market juga memiliki musim. Ketika Anda terjebak di musim market lokal Anda, Anda dengan mudah bisa beralih ke market di tempat lain.

Orang-orang yang memimpin market mengetahui tentang musim ini dan sudah terbiasa dengan perilaku ini. Semakin Anda melihat tren global tersebut, semakin Anda bergerak ke mana pasar bergerak juga.

Cara terbaik untuk memikirkan langkah terakhir ini adalah dengan seolah-olah memikirkan petani yang memaksimalkan panen mereka dengan memahami kapan menanam pada musim yang tepat, atau seorang peselancar yang menunggangi ombak terbaik dengan menyelaraskannya pada laut.

Tim Anda, industri, dan negara bergerak mengikuti musim dan tren yang sedang berlangsung. Kemampuan Anda untuk melangkah di atas kebisingan dan menyelaraskan dengan siklus ini sangat dibutuhkan daripada Anda tertinggal dan “tenggelam”.

Anda dapat membagi sepuluh pertanyaan dalam penilaian ini menjadi tiga kelompok. Ketika menjawab satu pertanyaan, Anda perlu mengingat sembilan lainnya.

  • Tiga pertanyaan pertama: Apakah Anda disinkronkan dengan tahapan tim dan perusahaan Anda?
  • Empat pertanyaan berikutnya: Apakah Anda disinkronkan dengan pasar Anda?
  • Tiga pertanyaan terakhir: Apakah Anda disinkronkan dengan tren global?

Delapan Tahapan Perusahaan
Setiap perusahaan melalui delapan tahapan perusahaan yang berbeda. Hal ini berkaitan dengan delapan profil pada Wealth Dynamics dan Talent Dynamics Squares. Dengan mengetahui dimana Anda berada, bisa menjadi kunci untuk mengetahui dimana fokus perusahaan harus berada.

Ketika Anda berada terlalu lama di satu tingkat, seperti berada di gigi terlalu rendah di mobil, tim akhirnya terbakar. Ketika Anda naik terlalu cepat, seperti berada di gigi terlalu tinggi di mobil, tim akhirnya mati mesin.

Gear pertama disebut "Konsep pembuktian" (proven concept) : Konsep ini fokus pada customer buying pada produk yang baru - biasanya bahkan sebelum produknya siap.

Gear kedua disebut "Daya Tarik Brand" (Brand attraction): Hal ini terjadi jika terjadi peralihan fokus dari menciptakan suatu produk dan customer baru ke pembelian kembali, yaitu customer yang sudah ada melakukan repetisi pembelian.

Gear ketiga disebut "Mengatur tim" (Operating Team): Hal ini terjadi ketika anda beralih dari menarik customer ke menarik anggota tim (biasanya terjadi ketika Anda butuh untuk naik dari Yellow level ke Green Level)

Gear keempat disebut "Jejaring Pasar" (Market Connections): Hal ini terjadi ketika Anda beralih dari menarik anggota tim ke menarik partner, dan hal ini dapat memajukan perusahaan lebih cepat daripada hanya menambah anggota tim.

Gear kelima disebut "Sesuatu yang bisa dijual" (Tradeable Entity): Hal ini terjadi jika Anda beralih dari nilai produk ke customer dan partner menjadi nilai dari perusahaan kepada pasar.

Gear keenam disebut "Asset yang dapat ditaruh di Bank" (Bankable Asset): Ketika Anda mulai untuk mengakses segala resource termasuk keuangan, maka bisa value pasar perusahaan Anda bisa dijamin

Gear ketujuh disebut "Infrastruktur Cashflow" (Cashflow Infrastructur): Hal ini terjadi ketika Anda beralih dari nilai yang menjadi perusahaan Anda menjadi nilai yang ada di infrastruktur penghasilan uang perusahaan.

Gear ke delapan disebut "Sistem Terlisensi" (Licensed System): Hal ini terjadi apabila Anda dapat mereplikasi nilai sistem yang Anda buat secara penuh menjadi market baru dan ekosistem baru perusahaan.

Sebelum penutup, ada hal yang harus Anda ketahui yaitu: beralih naik level dari Yellow ke Green tidak terjadi dalam satu malam. Ini adalah proses yang mungkin membutuhkan waktu bertahun-tahun. Sabar dengan proses yang Anda jalankan bersama dengan tim Anda.


Tags


You may also like

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

Get in touch

Name*
Email*
Message
0 of 350
>