March 21

MMP Red to Orange: Connection to Flow

MMP Red to Orange: Intro

Tiga Langkah dari Tingkat Merah ke Tingkat Oranye
Merah adalah tingkat kedua dari sembilan tingkat dalam Spektrum Kekayaan. Mayoritas orang di negara maju berada di level ini, dengan hanya memiliki cukup uang untuk membayar tagihan setiap bulannya.

Pada tingkat ini ada perasaan pasrah karena apa pun yang Anda coba untuk meningkatkan kekayaan Anda – Anda akan selalu kembali ke titik nol. Keuangan Anda mungkin tidak menjadi prioritas dalam hidup Anda, tetapi Anda tidak berada dalam situasi untuk berinvestasi untuk masa depan Anda, karena Anda menghabiskan semua uang yang Anda hasilkan, tanpa menyisakan apa pun di rekening bank Anda pada akhir bulan.

Jika hasil tes Anda menunjukkan bahwa Anda saat ini berada di Level Merah dan Anda sudah menjadi pemilik bisnis, mungkin saja Anda tidak cukup menggaji diri Anda sendiri.

Mungkin juga Anda selalu memiliki kebiasaan membelanjakan apa pun yang Anda hasilkan, atau Anda selalu kurang berpenghasilan dan terlalu lama bekerja di pekerjaan yang tidak dapat membiayai gaya hidup Anda.

Sistem pipa air Anda mengalir, keran air menyala, namun stekernya hilang. Untuk mencapai tingkat Oranye – dan mengambil langkah selanjutnya untuk membangun kekayaan sejati – Anda harus memasang steker ke dalam sistem Anda dan menjauhi tingkat Merah untuk selamanya.

Bagaimana cara saya naik level?
Dengan melakukan tiga langkah berikut, Anda akan naik dari Level Survivor ke Level Pekerja. Hal ini dicapai bukan dengan mencoba meluncurkan bisnis saat Anda terputus (yang hanya akan membawa Anda lebih dalam ke dalam Infinity), tetapi pertama-tama Anda harus terhubung dengan dorongan alami Anda (passion Anda), mengangkat cara Anda mengarahkan dorongan tersebut (standar Anda), dan kemudian terhubung dengan arus pasar.

Tentukan Gairah Anda
Ketika Anda membawa motivasi Anda tentang mengapa Anda perlu mendaki Mercusuar Kekayaan ke perhatian Anda, Anda akan berhenti merasa pasrah. Dengan menggunakan gairah alami Anda, Anda dapat menemukan orang lain yang memiliki gairah yang sama dengan Anda dan dengan siapa Anda tertarik untuk bekerja atau bermitra – inilah bagian yang menyenangkan.

Mereka yang hanya memiliki cukup uang untuk bertahan hidup biasanya lebih lelah di penghujung hari daripada mereka yang mencapai kekayaan di tingkat yang jauh lebih tinggi. Mengapa? Karena mereka menghabiskan setiap hari untuk menghasilkan uang dengan cara yang tidak sesuai dengan keinginan mereka atau dengan cara yang melelahkan.

Itulah mengapa mereka hanya mendapatkan penghasilan yang cukup untuk bertahan hidup. Setiap jam Anda bekerja sesuai dengan passion Anda, Anda memberi energi pada diri Anda sendiri. Jadi di akhir hari Anda tidak hanya bekerja lebih dari yang seharusnya (dan memiliki arus kas yang positif), tetapi Anda juga mengakhiri setiap hari dengan lebih berenergi daripada saat Anda memulainya. Inilah sebabnya mengapa ini adalah langkah pertama yang sangat penting untuk naik ke level “Pekerja” Orange.

Tetapkan standar Anda
Sementara tujuan adalah apa yang Anda raih, standar adalah apa yang Anda tetapkan. Kebanyakan orang memiliki tujuan yang besar namun dengan standar yang rendah, yang seperti mencoba meraih langit-langit sambil tetap berada di anak tangga paling bawah. Sebagai contoh, Anda mungkin memiliki tujuan yang ingin Anda raih untuk berada di sekitar orang-orang sukses, tetapi standar yang Anda tetapkan adalah tinggal di rumah sambil menonton TV.

Hidup Anda adalah cerminan langsung dari standar yang Anda pegang – baik untuk diri Anda sendiri maupun orang lain. Ini adalah kebenaran yang hampir universal yang berlaku untuk setiap aspek kehidupan Anda. Mulai dari profesi Anda, hingga seberapa keras Anda bekerja, penampilan Anda, hubungan Anda, dan bagaimana Anda mengelola arus kas – semuanya diatur oleh standar yang Anda pegang.

Seringkali standar-standar ini ditetapkan secara tidak sadar. Untuk naik kelas, Anda perlu menetapkan standar baru untuk diri Anda sendiri, dengan tidak lagi menerima kurang dari apa yang mampu Anda lakukan. Tidak ada seorang pun yang menjadi jutawan dengan standar yang ceroboh.

Ikuti alurnya
Kesalahan terbesar yang saya amati pada banyak pengusaha baru berulang kali adalah mereka berpikir bahwa mereka dapat melakukan semuanya sendiri – seringkali tanpa pernah melakukan apa pun seperti memulai bisnis sebelumnya.

Sudah ada banyak arus di dunia ini, dengan uang, nilai, dan pengetahuan yang berpindah tangan setiap hari. Menciptakan kembali roda akan membuat Anda terjebak, terutama jika Anda melakukannya sendiri.

Langkah pertama bukanlah tentang memaksakan ide terbaik Anda kepada orang lain ketika Anda tidak terhubung dengan pasar yang Anda masuki. Sebaliknya, manfaatkanlah flow yang sudah ada dengan terhubung dengan orang lain yang sudah berada di dalamnya.

Bayangkan pendapatan Anda sebagai sebuah sungai. Cara menggali sungai adalah dengan pergi ke sungai yang sudah ada, dan menambah nilai dengan menggali dari sungai tersebut melalui kemitraan. Sebaliknya, jika Anda tetap tinggal di tempat Anda berada, memulai bisnis Anda di padang pasir tanpa ada sungai yang terlihat, Anda tidak akan menggali sungai. Anda akan menggali lubang.

Apa yang membuat naik kelas menjadi sulit
Saya telah membuat daftar beberapa alasan mengapa naik ke tingkat berikutnya sulit bagi sebagian orang, sehingga Anda dapat menghindari jatuh dalam kesenjangan dan tantangan ini lagi dengan mencari dukungan di Entrepreneur School Indonesia.

Budaya umum yang kita jalani tidak mendukung pemikiran kewirausahaan, yang sudah dimulai dari sistem pendidikan kita. Kita biasanya memulai dengan mempelajari apa yang perlu kita ketahui sebelum kita melakukannya dan dengan demikian – ketika kita memulai perjalanan wirausaha kita – kita menjadi sangat sibuk dalam tahap pembelajaran tanpa pernah mengambil tindakan sehingga kita tidak dapat mengetahuinya sendiri.

Keyakinan budaya tertentu dapat menghambat pemikiran kewirausahaan kita dengan mengajarkan kita bahwa kita harus melakukan apa yang orang lain lakukan. Dibutuhkan keberanian untuk tetap menjadi diri sendiri meskipun itu berarti Anda harus mengubah jaringan sosial Anda. Membebaskan diri Anda dari keyakinan budaya seperti itu sulit.

Kita tidak menyadari keunikan dan bakat alami kita dan tidak mengikuti kejeniusan alami kita, yang akan membuat kita terjebak tidak peduli seberapa keras kita mencoba. Misalnya jika Anda seorang ekstrovert yang tidak kuat dalam hal angka, bekerja sebagai akuntan, tidak peduli seberapa keras Anda berusaha, Anda akan terus keluar dari arus dan akhirnya kehilangan kepercayaan diri. Rangkullah nilai unik dan kejeniusan yang ada pada diri Anda.

Kita memiliki kecenderungan untuk menghalangi jalan kita sendiri atau menyerah ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai rencana. Ini adalah bentuk sabotase diri yang berasal dari keyakinan bawah sadar yang salah bahwa Anda tidak layak mendapatkan kesuksesan atau takut menjadi sukses.

Selalu ada langkah selanjutnya yang harus diambil ketika segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik dan jangan pernah berhenti mencoba. Kesuksesan sering kali ada di depan mata, cukup ikuti langkah-langkah dalam Microdegree ini – dan langkah-langkah lain yang terkait dengan level-level dalam Millionaire Master Plan – agar Anda tetap berada di jalur yang benar.


Tags


You may also like

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

Get in touch

Name*
Email*
Message
0 of 350
>