March 14

Chapter 04: Your Company Flow

0  comments

Chapter 03: Flow Perusahaan Anda

Alur perusahaan Anda
Kepemimpinan dalam bisnis apa pun perlu berevolusi seiring dengan perkembangan bisnis. Seperti yang dikatakan Henry Ford, “Bertanya ‘Siapa yang seharusnya menjadi bos?” sama seperti bertanya ‘Siapa yang seharusnya menjadi penyanyi tenor dalam kuartet? Tentu saja orang yang bisa menyanyi tenor.”

Seiring dengan perubahan musim bisnis Anda, pastikan profil yang tepat memimpin perubahan tersebut. Para pemimpin perusahaan rintisan baru yang paling sukses selalu merupakan Kreator dan Bintang dengan frekuensi dinamo.

Para pemimpin perusahaan yang memperoleh pangsa pasar dan kehadiran pasar dalam industri yang sedang berkonsolidasi selalu menjadi Pendukung dan Pembuat Kesepakatan dengan frekuensi kobaran api. Para pemimpin perusahaan paling sukses yang sudah mulai mendominasi ceruk pasar mereka selalu merupakan Pedagang dan Akumulator, dan para pemimpin perusahaan yang mengkonsolidasikan pasar yang sudah matang selalu merupakan Penguasa dan Mekanik.

Delapan tahap perusahaan
Banyak pengusaha, bahkan setelah memahami profil mereka, tidak mengikuti delapan tahap yang dilalui setiap perusahaan, dan mencoba untuk ‘mengambil jalan pintas’. Sebagai contoh, mereka mungkin mencoba mengumpulkan dana sebelum membuktikan konsep mereka, atau mencoba membuat sistem waralaba sebelum membangun proyek percontohan yang menguntungkan.

Dengan mobil Anda, Anda memulai dengan gigi satu dan setelah Anda memiliki momentum, Anda pindah ke gigi dua, lalu ke gigi tiga. Jika Anda mencoba memulai bisnis dengan gigi lima, maka seperti halnya mobil, hampir tidak mungkin untuk bergerak.

Di bawah ini adalah delapan tahap evolusi bisnis, dan bagaimana hal tersebut berhubungan dengan delapan profil kekayaan:

Creator: Konsep yang Terbukti
Perlengkapan pertama dalam bisnis apa pun adalah membuktikan konsep Anda di pasar. Ini berarti memiliki permintaan komersial yang telah terbukti di mana seseorang di pasar telah membeli atau berkomitmen untuk membeli apa pun yang Anda jual, dengan harga yang Anda jual.

Apa yang Anda lakukan jika Anda tidak mampu memberikan produk yang telah terbukti sampai Anda memiliki tim dan pembiayaan? Anda melakukan apa yang dilakukan Edison dan Gates, dan meneruskan penjualan produk ke pasar Anda, menggunakan uang pelanggan Anda untuk memberikan produk yang mereka inginkan.

Bintang: Daya Tarik "Brand"
"Gear" kedua ini adalah membangun hubungan dengan pelanggan yang akan kembali membeli lagi - tidak hanya produk yang sudah ada, tetapi juga produk lain di bawah ceruk atau merek yang sama. Setelah Anda mencapai gigi pertama, gigi kedua adalah perkembangan alami.

Bagaimana jika Anda membutuhkan tim untuk memberikan nilai yang berkelanjutan ini? Anda menjual janji nilai ke depan kepada mereka yang akan mendapatkan manfaat paling besar darinya, seperti yang dilakukan oleh Oprah dan Martha. Aktivitas utama dalam tahap kedua adalah menciptakan daya tarik merek, di mana Anda membangun bisnis yang berulang berdasarkan nilai masa depan dan masa kini.

Pendukung: Tim Operasional
Setelah Anda memiliki transaksi pelanggan yang sedang berjalan, jauh lebih mudah untuk menarik tim kelas dunia yang Anda butuhkan untuk sukses. Menarik tim hanya dengan sebuah ide jauh lebih sulit. Pada saat Anda mencapai tingkat ketiga ini, nilainya telah berkembang dari ide menjadi hubungan dengan tim operasional.

Bahkan, seperti yang ditunjukkan oleh Eisner dan Welch, nilai dalam "operating culture" menjadi cukup kuat sehingga Anda dapat mengubah produk, layanan, dan pasar secara keseluruhan, namun nilainya tetap ada. Aktivitas utama pada tahap ketiga adalah menciptakan operasi komersial yang berkelanjutan dengan membangun tim yang dapat menjalankannya. Uang mengalir sebagai hasil dari kemampuan Anda untuk berulang kali memberikan hasil.

Deal Maker: Koneksi Pasar
Mencoba melakukan kesepakatan hanya dengan sebuah konsep (terutama yang belum terbukti) sangatlah sulit. Melakukan kesepakatan dengan tim yang sudah beroperasi dan menguntungkan jauh lebih mudah. "Gear" keempat ini melihat nilai dalam bisnis tumbuh dari tim ke kemitraan yang dimiliki tim dalam pasar - pemasok, aliansi strategis, mitra pasar.

Para pemain ini, yang sudah secara aktif mendapatkan keuntungan dari pasar mereka, akan melihat nilai dalam bisnis setelah mereka membangun perusahaan yang beroperasi yang tidak akan hidup atau mati hanya dari satu ide. Aktivitas utama pada tahap empat adalah mengokohkan bisnis di pasar melalui koneksi pasar yang efektif. Uang mengalir sebagai hasil dari nilai yang Anda berikan kepada, dan terima dari, mitra pasar.

Trader: Entitas yang Dapat Diperdagangkan
Jika Anda ingin menjual sebagian atau seluruh perusahaan Anda, akan jauh lebih mudah untuk melakukannya jika bisnis Anda sudah mengakar di pasarnya. Pada "gear" kelima ini, nilai berkembang dari koneksi pasar ke nilai bisnis itu sendiri. Bisnis sekarang menjadi produk. Bisnis ini bisa berganti produk, merek, bahkan tim manajemen yang menjalankannya, dan nilainya tetap bisa meningkat. Trader seperti Soros memahami hal ini, dan tidak akan pernah berspekulasi pada konsep yang belum terbukti di luar pasar.

Aktivitas utama di tahap lima adalah menciptakan nilai pasar jangka pendek yang nyata dalam bisnis. Uang mengalir sebagai hasil dari kemampuan untuk memperdagangkan bagian dari nilai aset perusahaan Anda.

Accumulator: Aset yang Dapat Dibiayai Bank
Investor akan menaruh uang mereka di bisnis yang dapat diperdagangkan jauh lebih cepat daripada di bisnis yang tidak memiliki jalan keluar yang mudah. Ini berarti "gear" enam ini menjadi mudah dicapai setelah Anda membangun momentum di gear kelima. Nilainya sekarang telah berpindah dari uang sementara (pedagang meningkatkan kekayaan mereka dengan mempercepat kecepatan aliran uang mereka) ke uang jangka panjang (akumulator meningkatkan kekayaan mereka dengan mengurangi kecepatan aliran uang mereka).

Aktivitas utama di tahap enam adalah menciptakan nilai jangka panjang dan abadi dalam bisnis Anda. Uang mengalir sebagai hasil dari kemampuan untuk 'menggadaikan' sebagian dari nilai tersebut, di mana Anda tidak perlu lagi berpisah dengan kepemilikan apa pun, tetapi cukup memanfaatkan nilai Anda sebagai jaminan.

Lord: Infrastruktur Arus Kas
Sementara pada tahap lima pedagang akan menuntut sepotong kue yang dapat mereka perdagangkan, dan pada tahap enam, akumulator akan puas dengan sepotong kue yang dapat mereka pegang, pada tahap tujuh, nilai telah berkembang karena dividen konstan yang dihasilkan kue tersebut. Pada tahap tujuh, ini bukan lagi tentang memiliki kue. Ini tentang memiliki "arus" kas.

Rockefeller menghasilkan kekayaannya dari minyak tanpa memiliki satu pun ladang minyak. Pada tahap perkembangan bisnis Anda ini, Anda benar-benar dapat memiliki kue dan memakannya juga. Aktivitas utama pada tahap ketujuh adalah menciptakan arus kas yang stabil dari operasi Anda yang sedang berjalan. Uang mengalir sebagai hasil dari kepemilikan arus - yang dapat berupa arus seluruh pasar - seperti dalam kasus Standard Oil milik Rockefeller, atau Google milik Sergey Brin dan Larry Page. Nilai sekarang berada dalam aliran.

Mechanic: Sistem yang Dapat Dilisensikan
Setelah sebuah bisnis mengembangkan infrastruktur penghasil uang, bisnis tersebut dapat menjual lisensi bagi orang lain untuk menggunakan sistem yang sama. Menjual waralaba akan menjadi mudah jika Anda sudah memiliki sistem penghasil uang yang sudah terbukti. Pada tahap bisnis ini, Anda dapat mengubah produk, merek, tim manajemen, mitra pasar, bankir dan investor, dan bisnis masih dapat tumbuh dalam nilai.

Aktivitas utama pada tahap delapan adalah menciptakan sistem lisensi di sekitar aliran Anda. Seperti dalam kasus Walton's Wal-Mart, atau Kroc's McDonald's, uang mengalir sebagai hasil dari kemampuan untuk 'menyewa' hak atas sungai Anda.


Tags


You may also like

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

Get in touch

Name*
Email*
Message
0 of 350
>