March 13

Chapter 03: Lead Like a Genius

0  comments

Bagian 03: Memimpin Layaknya seorang Jenius

Setiap orang Jenius memiliki cara natural mereka untuk memimpin. Oleh karena itu, Anda dapat memimpin dengan cara se-natural mungkin saat berada di dalam tim. Seringkali Anda akan menyadari bahwa gaya kepemimpinan Anda sangat berbeda dengan gaya teman dan rekan kerja Anda.

Dynamo Genius
Pemimpin yang berbasis pada “tugas”: Berfokus untuk menyelesaikan sesuatu dan memimpin dengan baik saat meminta orang lain bertanggung jawab atas tugas mereka.

Kepemimpinan seorang Dynamo Genius didasarkan pada mendorong ide atau proyek baru ke depan serta menyelesaikan tugas-tugas untuk maju. Orang-orang, analisis, waktu – semuanya menempati urutan kedua setelah “tindakan”. Seperti yang dikatakan oleh Richard Branson, “Saya percaya pada kediktatoran yang baik hati, asalkan saya yang menjadi diktatornya.”

Jika Anda ingin membuat segala sesuatunya bergerak, tempatkan seorang pemimpin yang dinamis. Namun, setelah semuanya berjalan, lanjutkan ke proyek berikutnya dan tunjuk pemimpin yang baru.

Blaze Genius
Pemimpin yang berbasis pada “orang”: Berfokus dengan menjaga hubungan yang erat serta memimpin dengan baik saat memotivasi orang lain dan mendorong ke arah yang lebih baik.

Kepemimpinan seorang Blaze Genius didasarkan pada memotivasi orang untuk melakukan yang terbaik. Bukan hal yang paling penting jika Anda belum memiliki value pada market anda, namun sekaliya dapat, komunikasi kolektif dan kolaborasi menjadi kuncinya.

Seperti yang dikatakan oleh Jack Welch: “Dalam kepemimpinan, Anda harus membesar-besarkan setiap pernyataan yang Anda buat. Anda harus mengulanginya ribuan kali dan membesar-besarkannya.”

Tempo Genius
Pemimpin yang berbasis pada “aktivitas”: Berfokus pada aktivitas yang sedang berlangsung serta memimpin dengan baik saat menjaga semua orang tetap berada di jalurnya.

Sementara Dynamo Genius adalah tentang kreasi dan Blaze Genius adalah tentang kolaborasi, Tempo Genius adalah tentang konsultasi. Ketika Woodrow Wilson berkata, “Telinga pemimpin harus berdering dengan suara rakyat,” pernyataannya tentang kepemimpinan Tempo.

Seorang pemimpin Tempo akan mengevaluasi diri mereka sendiri dan tim mereka terhadap aktivitas mereka dibandingkan dengan pasar/market. Jangan mengharapkan rencana kreatif dari seorang pemimpin Tempo, namun harapkanlah apa yang perlu dilakukan untuk menyelesaikannya tepat waktu.

Steel Genius
Pemimpin yang berbasis pada data: Berfokus pada data dan detail serta memimpin dengan baik ketika mengelola semua orang dengan ukuran dan metrik.

Sementara Tempo Genius adalah tentang konsultasi dan Steel Genius adalah tentang perhitungan, pemimpin Blaze dapat menilai tim penjualannya dengan turun langsung ke lapangan bersama mereka, pemimpin Steel akan tahu hanya dengan melihat angka-angkanya.

Ketika pengusaha seperti Getty dan Rockefeller dikritik karena gaya menyendiri mereka, justru gaya itulah yang membuat mereka mampu memimpin dari belakang, bukan dari depan atau samping.

The Spirit Element
Elemen kelima yang telah Anda ketahui juga memiliki gaya kepemimpinan sendiri. Sementara empat frekuensi di atas didasarkan pada kreasi, kolaborasi, konsultasi dan perhitungan, frekuensi kelima didasarkan pada kontribusi. Elemen kelima, yaitu air, adalah kunci untuk mengalir. Semakin banyak air, semakin baik taman tumbuh. Semakin banyak kontribusi yang mengikuti.

“The Flow” tidak hanya tentang cara menerima yang efektif, tetapi yang lebih penting adalah pemberian yang efektif. Namun, ini adalah sebuah pilihan. Beberapa dari kita memilih untuk mengabaikan proses pertumbuhan dan kontribusi ini.

Sebagian dari kita menjalani hari demi hari tanpa pernah bertanya ‘Mengapa?’ Jika kita tidak bertumbuh, kita tidak berkontribusi, dan pada akhirnya rezeki akan mengalir begitu saja, begitu pula dengan keberuntungan kita – kekayaan, keberuntungan, dan warisan kita.

Mengetahui “mengapa” kita melakukan apa yang kita lakukan – untuk memberikannya kembali – akan menuntun kita pada kekayaan kita.


Tags


You may also like

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

Get in touch

Name*
Email*
Message
0 of 350
>